Mata Pedih Saat Memotong Bawang? Ada Solusinya

Baru aja memotong satu bawang mata udah berair akhirnya nangis. Mungkin ada dari kalian yang malas mengupas memotong karena alasan itu, Tapi jangan khwatir selalu ada jalan menuju roma, sendoklapar punya solusi dan strategi unruk memotong bawang tanpa rasa pedih, jadi mau kupas setengah kilo sampe 5 kilo gak masalah.

Penyebab bawang bikin ‘menangis’

Bukan cuma mantan aja yang bisa bikin menangis, bawangpun juga. Bedanya cuma rasa sakit dihati yang membekas (asik).

Bawang memiliki mekanisme pertahanan untuk melindungi diri dari hewan yang ingin memakannya. Oleh sebab itu ketika kamu memotong dan mengiris bawang, ada enzim alisin bersamaan dengan senyawa asam sulfat yang keluar. Kedua senyawa tersebut bergabung menjadi propanethial S-oxide, nah dari gas inilah mata kita mendetesi itu sebagai tanda bahaya makan keluarlah air mata.

Jika kamu sensitif atau alergi terhadap bawang atau allium (jenis bawang lainnya seperti bawang merah, putih atau bombay) mungkin kamu akan bereaksi berlebihan dibandingkan teman kamu atau orang lain.

Solusi agar mata gak pedih saat memotong bawang

Apa kamu tau mata pedih ketika memotong bawang bisa dihindari yaitu dengan memilih jenis bawang. Biasanya bawang bombay dan merah yang bikin mata peddih. Tapi gak mungkin dong setiap masak harus pilih pilih bawang yang mau dipotong?!

Makanya sendoklapar ada solusi dan strategi lainnya yang mungkin bisa kamu coba dirumah, mengutip dari dua sumber yatu insider dan heathline.

Beli bawang fresh

Semakin lama kamu menyimpan bawang maka akan semakin besar efek yang bikim pedih dimata saat kamu akan memotongnya. Usahakan beli bawang bombay yang fresh dan kalau bisa segera mengolahnya ya. Kalau memang harus memotong bawang yang sudah disimpan lama lanjut baca artikel ini untuk solusi lainnya.

Simpan bawang didalam kulkas

Alasannya karena reaksi kimia melambat di suhu dingin, jadi ketika kamu mengeluarkan bawang dari kulkas secepatnya langsung dipotong dan iris. Kalau bawang sudah kembali ke suhu normal maka bikin mata pedih lagi.

Gunakan pisau tajam

Menggunakan pisau yang tajam dapat mengurangi jumlah gas yang keluar saat proses mngiris bawang. Sebaliknya kalau pisau tumpul malah bikin lama dan makin banyak gas yang tersebar makin bikin pedih.

Teknik ini bisa dilakukan sebelum 30-45 menit sebelum memotong bawang ya. Menyimpann bawang didalam kulkas dapat menyebabkan bawang rusak dan gak tahan lama. Karena baiknya simpang bawang diruang terbuka.

Pakai kacamata google

Eits ini maksudnya bukan perusahaan google yang itu yaa tapi kacamata google. Kacamata ini bisa jadi penghalang gas propanethial S-oxide yang bikin pedih masuk ke mata.

Biar chopper yang bekerja

Kenapa harus mengorbankan airmata jika ada mesin atau alat yang dapat membantu kamu. Cara ini bisa menjadi pilihan alternatif lainnya dalam memotong bawang. Mesin chopper salah satu contohnya, jika gak ada dirumah kamu bisa menggunakan alat lainnya yang dapat meninimalisir kontak dengan bawang.

Sumber

Bowman, Olivia (2022) 4 clever hacks that actually prevent crying while cutting onions

Whelan, Corey (2020) Why Do Onions Make You Cry?