Bumbu Dapur yang Wajib Ada

Curry powder yang disimpan pada botol kaca kecil dengan bumbu lainnya pad abackgroung

Kamu suka masak gak? Kalau suka sendoklapar mau kasih tau referensi bumbu dapur yang selalu, wajib, stoknya ada. Daftar bumbu dapur ini khusus untuk sendoklapar nih. Nah dari daftar ini mudah mudahan bisa jadi berguna dan nambah referensi stok bumbu dapur kamu!

Garam, lada hitam dan lada putih ketiga bumbu tersebut adalah bumbu wajib yang selalu ada didapur sendoklapar (kayaknya diseluruh dunia juga gitu deh hehe). Tapi selain ketiga bumbu tersebut sendoklapar juga punya bumbu booster lainnya. Istilahnya nih bumbu pendukung, gak digunakan setiap hari tapi sewaktu waktu sangat membantu.

Misalnya bumbu rempah kemudian bumbu dalam wujud powder atau bubuk. Bumbu bubuk sangat amat berguna dan life safer, alasnnya ya karena praktis. Misalnya kalau lagi malas numbuk rempah, bumbu powder ini menyelamatkan tangan sendoklapar (alasan aja padahal masih bisa pake blender).

Jadi apa sajakah bumbu rempah, bubuk dan bumbu pendukung lainnya yang ada didapur sendoklapar? Baca artikel ini selengkapnya.

Stok rempah

Kalau stok bumbu rempah selalu dipastikan harus available, karena bisa disimpan diluar kulkas dalam jangka waktu yang lama. Stok rempah yang selalu available didapur sendoklapar yaitu segala jenis bawang seperti merah dan putih, bombay.

Terus ada rempah lainnya seperti jahe (wajib sih ini hehe), kunyit, kalau lengkuas jarang stok didapur karena jarang dipakai. Tapi bagi kamu yang suka masak dengan lengkuas harus wajib disimpan ditempat tertutup gak terkena sinar matahari langsung biar gak cepet kering.

Bumbu powder

Bubuk bawang putih, penting banget sih ini punya dirumah, karena bisa menjadi bubuk tambahan kalau kamu rasa pada saat proses masak, kurang bawang putih.

Bubuk bawang bombay, tahukah kamu kalau bubuk ini bisa untuk umami tambahan dimasakan kamu, misalnya mau goreng terus taburi dengan bubuk bawang bobay bikin makanan tambah sedap. Ada rasa manis dari si bawang bombay nya itu

Bubuk jinten, bubuk yang suka di underestimate sebenarnya, padahal powerfull loh. Sendoklapar suka tambahin bubuk jinten powder untuk telur dadar. Hasilnya yaa pokoknya akan bikin mindblowing silakan dicoba ya!

Cajun powder, bumbu ini berguna banget untuk ada di dapur kamu. Cajun powder / mix adalah bumbu yang terdiri dari, cabe cayenne, bubuk paprika, bubuk bawang bombay, bubuk bawang putih, dan italian seasonings (seperti oregano, resemary dan thyme).

Karena sudah lengkap makanya tinggal taburkan ke tumisan masakan atau olahan daging kamu jadi enak. Sendoklapar sih biasa pakai cajun mix untuk seasoning dada ayam panggang di pan.

Curry powder, nah kalau ini pasti kamu sudah familiar ya. Bubuk kari ini sebenarnya serbaguna, bisa ditambahkan untuk segala masakan. Misalnya, dicampur untuk nasi goreng, telur dadar atau bisa juga di campur ke kuah mie jadi mie kari deh.

Stok lainnya

Micin, gak kelupaan dong sendoklapar suka stok micin dan paling suka pake kaldu jamur kalau kamu ada micin yang kamu sukai?

Brown sugar, you will thank me later. Mau nge teh, minum kopi, sendoklapar prefer pake brown sugar daripada gula biasa. Walaupun gak semua hal bisa dicampur atau dimasak pake brown sugar sih hehe.

Sendoklapar juga suka stok bahan lainnya seperti, kentang karena bisa disimpan diluar kulkas dan juga wortel

Liquid smoke, yang terakhir ada yang bikin makanan smokey nih. Sebenarnya bumbu yang ini gak penting penting banget tapi cuma untuk FYI aja sih. So far belum banyak berekperimen dengan bumbu yang satu ini tapi udah kepikiran mau masak apa hehe nanti diupdate lagi.