Lalapan atau Pecel Ayam?

Poster lalapan atau pecel ayam

Apakah kamu yang berasal dari Jawa Timur lalu merantau atau melancong dan mengalami culture shock ketika berada Jakarta (atau Jabodetabek). Misalnya ketika kamu pesan makanan di warung tenda di pinggir jalan. Di warung tersebut menjual ayam / ikan goreng, disajikan dengan sambal dan sayuran mentah. Jika kamu berasal dari daerah Jawa Timur kamu akan bilang makanan tersebut “Lalapan” . Namun tidak dengan warga Jabodetabek, mereka dengan “pede-nya” akan bilang “Pecel Ayam / Lele”

Bukan kamu aja Sendoklapar pun pernah mengalami culture shock. Ketika Sendoklapar pesen “Pecel” di Malang yang datang malah sayuran dengan bumbu kacang!

Jadi mana yang benar? Pecel lele atau lalapan

Sebenarnya untuk menjelaskan perbedaan, gak ada perbedaan, karena istilah tersebut muncul ketika adanya pertukaran budaya disuatu daerah.

Di Jawa Tengah sampai ke Timur misalnya, ketika orang menyebut “Pecel” dipiran mereka adalah sayuran yang dibumbui dengan saus kacang. Sedangkan warga Jabodetabek mendengar kata “Pecel”, munculah bayangan Ayam / Lele goreng. Tentu disajikan dengan sambal tomat dan lalapan (sayuran mentah seperti: kemangi, ketimun dan kol)

Nah warga Jawa Tengah ke Timur pun akan tambah bingung ketika warga Jabodetabek mengatakan “Lalapan”. Karena dibenak mereka “Lalapan” itu adalah Ayam goreng yang disajikan dengan sambal tomat dan sayuran mentah. Padahal warga Jabodetabek mengenal lalapan sebagai segala macam jenis sayuran mentah dan daun daunan khususnya.

Pasti orang Jawa Tengah dan Timur pun akan berdebat ketika bertemu orang dari Jawa Barat. Karena merekka suka banget makan pakai “Lalapan” (Khususnya dedaunan: sawi, kol, ketimun, kemangi dan sebagainya)

Fakta menarik

Cukup menarik untuk dibahas, ada salah satu artikel dari okezone.com yang mengutip tweet dari salah seorang netizen.

Bahwa Pecel Ayam yang dikenal di Jabodetabek merupakan makanan dari Jawa Timur (Lamongan). Ketika mereka ingin menjual lele goreng yang disajikan dengan sambal tomat dan sayuran mentah. Orang lamongan mengenalnya dengan “Pecek Lele”. Namun ternyata di Jakarta sudah ada makanan khas betawi yang bernama “Pecak Lele”.

Untuk menghindari misscom atau kebingungan pelanggan, akhirnya orang lamongan yang merantau dan ingin menjual makanan tersebut menggunakan istilah “Pecel Lele”. Hal tersebut tentu saja untuk membedakan “Pecek Lele” dengan “Pecak Lele” makanan khas betawi.

Pada wikipedia dan beberapa artikel juga yang menyebutkan hal yang kurang lebih sama. Memang fakta tersebut terdengar logis. Tapi sejak artikel ini diterbitkan belum ada literatur yang legitimate untuk menyatakan hal tersebut benar adanya.

Kesimpulan

Jadi mau menyebut Ayam / Ikan goreng yang disajikan dengan sambal tomat dan sayuran mentah itu sesuaikan dengan region kamu ya! Dan balik lagi istilah ini belum disahkan sampai artikel ini dipublikasikan. Kamu mau sebut “Pecel Ayam”, “Lalapan” atau mungkin ada istilah lainnya boleh saja. Asalkan mempunyai pemahaman yang sama dengan orang yang kamu ajak bicara, biar saling mengerti dan gak misscom ya!

Sumber

okezone.com Viral Pecel Ayam Vs Ayam Lalapan, Mana Istilah yang Tepat? Ini Jawabannya (2019) https://lifestyle.okezone.com/read/2019/11/11/298/2128371/viral-pecel-ayam-vs-ayam-lalapan-mana-istilah-yang-tepat-ini-jawabannya?page=2

Wikipedia.id Pecel lele https://id.wikipedia.org/wiki/Pecel_lele

One thought on “Lalapan atau Pecel Ayam?

Comments are closed.