Tips Memasak Daging Sapi Agar Empuk

Daging alot merupakan tantangan dalam memasak daging, namun jika kamu mempersiapkan daging sebelum dimasak hal tersebut dapat dihindarkan. Mempersiapkan daging sebelum dimasak itu penting, karena proses awal ini akan menentukan daging kamu akan jadi empuk atau alot.

Hal yang perlu diperhatikan

Kamu harus tahu bahwa daging sapi memiliki bagian dengan teksur dan cara pengelohan yang berbeda beda. Sehingga tidak bisa menggunakan satu bagian daging untuk seluruh masakan

Misalnya seperti rendang, banyak yang merekomendasikan untuk menggunakan daging bagian sengkel atau gandik (daging kelapa) alasannya dibutuhkan waktu yang lama untuk memasak rendang sehingga memerlukan bagain daging keras yang tidak mudah hancur.

Memotong bagian daging dan mempersiapkannya dengan benar juga akan membantu dalam proses memasak daging agar empuk.

Cara mempersiapkan daging agar empuk saat dimasak

Sebagian orang indonesia mengolah daging dengan cara merebusnya atau tumisan, jarang sekali membeli potongan daging / steak cut untuk masak. Tipd dan cara melembutkan daging dibawah ini cocok untuk kalian yang ingin mempersiapkan daging sebelum masak tumisan atau direbus.

Marinasi dengan nanas

Teknik ini mungkin sudah familiar ditelinga kamu sebagai cara populer untuk melembutkan daging. Nanas memiliki enzim disebut bromelain zat ini dapat membuat daging empuk karena melarutkan serat otot.

Kamu bisa memotong motong kecil atau menggunakan chopper untuk menghaluskan nanas tanpa mencampurkan dengan air, ambil jusnya saja. marinasi selama kurang lebih 30 menit, sesuaikan masa marinasi jangan dibiarkan terlalu lama atau gak nanti dagingnya lembek

Tips jika kamu marinasi daging dengan nanas pastikan tidak menggunakan wadah yang terbuat dari metal, lebih aman menggunakan kontainer yang terbuat dari kaca, plastik atau bisa juga menggunakan ziploc

Potong melawan arah serat

Daging mempunyai serat yang panjang, ketika kamu memotongnya melawan arah serat akan membuat serat lebih pendek sehingga membuat teksur daging lebih empuk untuk dimakan. Cara ini juga dapat membuat daging matang lebih cepat dan namun tetap empuk.

Pukul pukul daging

Memukul daging secara lembut dengan menggunakan kitchen mallet atau palu dapur khusus, yaitu palu yang terdapat dua sisi tajam, tujuannya untuk merobek otot daging yang keras. Jika kamu tidak mempunyai palu ini kamu bisa mengakalinya dengan menusu daging dengan garpu

Masak dengan waktu yang lama dengan api kecil

Opsi lain pasti kamu akan pikirkan adalah memasak daging dengan waktu yang lama dengan api kecil, memang cara ini dapat digunakan namun, harus diperhatikan lagi bahwa hanya untuk beberapa bagian daging tertentu yang bisa kamu masak dengan teknik ini.

Sumber

Smoker, Bradly (2021) Is Pineapple Juice a Meat Tenderizer?

NGO, Hope (2022) Why Pineapple Makes A Good Meat Tenderizer

D. Mattison, Lindsay (2022) 8 Simple Ways to Make Tough Meat Tender