Dari Mana Asalnya Pasta?

Pasta biasanya terbuat dari tepung terigu tanpa ragi yang dicampur dengan air dan telur dibentuk menjadi seperti lembaran, mie, tabung dan lainnya. Cara masak pasta juga cukup mudah bisa dengan cara direbus atau dipanggang. Salah satu makanan populer asal Italia ini masih menyimpan misteri dari mana asalnya pasta.

Menelusuri jejak sejarah pasta bukan perkara mudah ada banyak perdebatan didalamnya. Bahan untuk membuat pasta sudah menjadi bahan yang umum digunakaan pada masakan kuno. Ada sumber tulisan yang menyebutkan pasta pun masih simpang siur, bahkan ada yang diantaranya hanyalah mitos belaka.

Jejak sejarah pasta

Mitos tentang sejarah yang paling terkenal mungkin adalah kisah petualang asal Venesia yaitu Marco Polo. Dinyatakan bahwa pasta dibawa dari Tiongkok (China) ke Italia oleh Marco Polo. Mitos ini hadir karena ada kesalah pahaman pada tulisan Marco Polo, yang menyebutkan pohon penghasil tepung (kemungkinan pohon sagu) mirip seperti pasta padahal bukan. Dari catatan tersebut lalu dikaitkan dengan spaghetti, bentuk pasta terkenal asal Italia.

Memang benar marco Polo melakukan penjelajahan melalui jalur sutra, tapi bukan berarti marco polo lah yang membawa pasta ke Italia. Karena perkembangan mie di Tiongkok dan spaghetti yang dikenal Italia merupakan sejarah yang terpisah dan tidak ada sangkut pautnya.

Satu abad sebelum perjalanan Marco Polo, terdapat catatan yang menyebutkan pasta dalam buku “The Book of Roger. Buku tersebut ditulis seorang ahli geografi Mediteranian, Muhammad al-idrisi tersebut terispirasi dari Raja Sisilia yaitu Roger. Pulau sicilia secara geografis terletak di laut mediteranian dimana menjadi pusat pedagang eropa Arab dan Afrika utara pada masa itu. Hal tersebut membantah mitos marco polo dan memberikan petunjuk bahwa kemungkinan Arab lah yang mempengaruhi perkembangan pasta di Italia.

Ada sumber lain mengatakan bahwa pasta berasal dari daerah Yunani kuno, yang menyebut pasta sebagai laganon pada tahun 1.000 dan 800 SM. Sejarawan makanan, Professor Barbara Santich juga menyatakan bahwa asal usul pasta di Eropa kemungkinan berasal dari Yunani. Hal ini berasal dari penyebutan awal ‘itri‘ atau ‘itria‘ (yang berarti adonan tepung dan ar yang digulung menjadi klembaran tipis dan dipotong potong) dalam literatur Yunani.

Pasta di Indonesia

Sejarah mie di Indonesia sudah ada sejak masa kerajaan Majapahit dalam prasasti yang menyebutkan tentang hang laksa. Pada masa itu Hang laksa dikaitkan dengan orang orang Tionghoa yang berjualan mie. Oleh sebab itu ketika pasta masuk ke Indonesia dapat diterima dengan mudah oleh orang lokal khususnya spaghetti.

Diperkirakan sejak abad ke 19 pasta sudah diperkenalkan ke masyarakat Hindia Belanda (sebutan Indonesia pada masa itu). Pada masa itu sudah ada beberapa makanan impor Eropa seperti bir, sosis dan keju. Pasta masuk ke indonesia didukung dengan mucnulnya resep pada buku masakan yang terbit pada abad 19 hingga awal abad 20.

Bentuk pasta

Ada sekitar 350 jenis pasta yang ada di Italia, mulai dari bentuk tabung, pendek, panjang dan ukuran besar ataupun kecil. Bukan tanpa arti ada banyak bentuk pasta, salah satu alasannya tentu disesuaikan dengan resep yang digunakan. Contohnya resep yang menggunakan saus daging kental, bentuk pasta seperti penne, pappardelle atau farfalle cocok untuk mengikat daging. Beda untuk sop bentuk seperti macaroni atau rotini cocok untuk resep ini.

Sendoklapar sudah pernah menulis tentang berbagai macam bentuk dan ukuran pasta, bisa kalian baca Mengenal Bentuk Pasta Serta Perbedaannya

Sumber

López, Alfonso, The Twisted History of Pasta

Wikipedia: Pasta

Wood, Alecia (2016 ) It was all a lie: the scandalous history of pasta

Paesana, (2019) A Brief History of Pasta Shapes & Sizes

Noone, Yasmin, (2019) Who invented the noodle, Italy or China?

Harahap, Devi, (2022) Kisah di Balik Kelezatan Pasta